Pendopo Joglo Soko 25x25 Full Warna - Rumah Joglo Semar Sakti Art
Rumah Joglo Semar Sakti Art

Pendopo Joglo Soko 25×25 Full Warna

Pendopo Beratap Joglo Soko 25x25 Lokasi Jogja

Pendopo atau pendapa adalah sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Tempat ini digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual. 

Rumahjoglo.co.id – Sebelum pandemi covid-19 merebak di Jawa Tengah kami sempat menyelesaikan satu proyek yaitu pembuatan Pendopo Joglo Soko Ukuran 25×25 Cm Full Warna Warni yang berlokasi di Kota Jogjakarta.

Pendopo atau pendapa adalah sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Tempat ini digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual. Pendopo beratap joglo biasanya hanya terdapat di kompleks rumah orang kaya atau kaum ningrat. Di beberapa daerah perkotaan, dinding batu biasanya banyak dimanfaatkan didirikan di sekitar pendopo.  

Pendopo ini biasanya terletak di depan rumah. Biasanya digunakan untuk aktivitas formal, seperti pertemuan, tempat pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat. Ruang ini menunjukkan sikap akrab dan terbuka, meskipun begitu Pendopo sering kali dibuat megah dan berwibawa (Wikipedia)

Konstruksi atap Joglo ditopang oleh Soko Guru (tiang utama) yang berjumlah 4 buah. Jumlah ini adalah merupakan simbol adanya pengaruh kekuatan yang berasal dari empat penjuru mata angin, atau biasa disebut konsep Pajupat. Dalam konsep ini, manusia dianggap berada di tengah perpotongan arah mata angin, tempat yang dianggap mengandung getaran magis yang amat tinggi. Tempat ini selanjutnya disebut sebagai Pancer atau Manunggaling Kiblat Papat.

Istilah Guru digunakan untuk menunjukan bagian utama (inti) dari sebuah konstruksi Joglo. Soko Guru menopang sebuah konfigurasi balok yang terdiri dari Blandar dan Pengeret yang disebut sebagai Pamidhangan atau Midhangan.

Sistim persendian antara Umpak dan Soko Guru dapat berfungsi untuk mengurangi getaran pada saat bencana gempa bumi. Sedangkan sistem Purus & Canthokan yang bersifat jepit terbatas menjadikan atap berlaku sebagai bandul yang menstabilkan bangunan saat menerima gaya gempa (berlaku seperti pendulum). Pendopo merupakan bangunan yang bersifat publik sehingga bangunan Joglo hanya merupakan struktur terbuka tanpa adanya dinding pelingkup.

Berikut adalah foto-foto hasil karya rumahjoglo.co.id yang kami produksi di Workshop Kudus dan pemasangan di Kota Jogjakarta:

Oleh Benny Santoro

sumber filosofi:
http://pembuatjoglo.blogspot.com
https://www.arsitag.com/

Pendopo Joglo Soko 25×25 Full Warna