Blog - Rumah Joglo Semar Sakti Art
Featured

Rumah Joglo Kudus Mari Kita Kenali Sejarahnya

Rumah joglo kudus atau joglo pencu merupakan simbol dari wujud akulturasi kebudayaan Hindu dengan Islam. Arsitektur rumah adat Kudus merupakan pengembangan dari rumah adat Jawa dan pesisir utara Jawa, khususnya yang dipengaruhi budaya dari Tiongkok, Eropa, dan Persia. Bangunan pokok rumah adat Kudus berupa bentuk joglo, atap berbentuk pencu dengan tritisan bagian depan dan belakang. Pusat pencu merupakan puncak dari gedongan yang merupakan bagian paling sakral dari rumah adat Kudus. Tata ruang terdiri dari bagian jaga satru, sentong, gedongan, serta pawon dan bangunan tambahan berupa sumur dan kamar mandi atau pekiwan yang terletak di depan rumah. Antara rumah induk dan pekiwan terdapat ruang kosong yang digunakan sebagai jalan umum antarrumah.

Rumah joglo kudus memiliki empat tiang penyangga dan satu tiang besar yang dinamakan soko geder yang melambangkan tauhid dalam Islam. Rumah adat Kudus joglo pencu memiliki tig bagian ruangan yang disebut jogo satru, gedongan, dan pawon. Jogo satru ialah nama untuk bagian depan dari rumah tersebut. Secara makna kata jogo satru bisa diterjemahkan; jogo artinya menjaga dan satru artinya musuh. Untuk sehari-hari, ruangan ini sering digunakan sebagai tempat menerima tamu yang berkunjung.

Gedongan ialah bagian ruang keluarga. Ruangan ini biasa digunakan untuk tempat tidur kepala keluarga. Untuk pawon sendiri letaknya berada pada bagian samping. Pawon biasa digunakan untuk masak, belajar, dan berkumpul dengan keluarga.

Rumah ini diperkirakan mulai dibangun pada 1500-an dengan bahan baku utama dari kayu jati berkualitas tinggi dengan sistem bongkar pasang tanpa paku. Pada permukaan kayu juga terdapat ukiran dengan bentuk dan ukirannya yang mengikuti pola binatang, rangkaian bunga melati, motif ular naga, buah nanas, arang lebah, dan motif burung.

Joglo pencu dibuat dari 95% kayu jati berkualitas tinggi. Konstruksi bangunannya dibuat bisa bongkar pasang. Tujuannya memudahkan joglo dipindah sekaligus tahan gempa.

Keindahan ukiran joglo pencu memang menawan. Konon keistimewaan ukiran joglo pencu tidak lepas dari peran dua ulama keturunan Tionghoa yang menetap di Kudus sekitar abad ke-15. Mereka tersohor sebagai pelukis kaligrafi Arab dan pemahat, salah satunya bernama Kiai Telingsing (Tee Ling Sing).

Maka itu, ukiran rumah joglo kudus lahir sebagai akulturasi budaya antara Islam, Hindu, Tiongkok, dan Eropa. Tidak hanya ukiran yang sarat makna, tata ruang joglo pencu pun tak sembarangan dibuat. Makna lain tersimpan pada bentuk atapnya yang mengerucut dan menjulang tinggi ke angkasa, yakni bahwa orang hidup dan berumah tangga hendaknya selalu mengingat Sang Pencipta.

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/129485-indahnya-arsitektur-joglo-pencu-kudus

Pendopo Joglo Soko 25×25 Full Warna

Pendopo Beratap Joglo Soko 25x25 Lokasi Jogja

Pendopo atau pendapa adalah sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Tempat ini digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual. 

Rumahjoglo.co.id – Sebelum pandemi covid-19 merebak di Jawa Tengah kami sempat menyelesaikan satu proyek yaitu pembuatan Pendopo Joglo Soko Ukuran 25×25 Cm Full Warna Warni yang berlokasi di Kota Jogjakarta.

Pendopo atau pendapa adalah sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Tempat ini digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual. Pendopo beratap joglo biasanya hanya terdapat di kompleks rumah orang kaya atau kaum ningrat. Di beberapa daerah perkotaan, dinding batu biasanya banyak dimanfaatkan didirikan di sekitar pendopo.  

Pendopo ini biasanya terletak di depan rumah. Biasanya digunakan untuk aktivitas formal, seperti pertemuan, tempat pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat. Ruang ini menunjukkan sikap akrab dan terbuka, meskipun begitu Pendopo sering kali dibuat megah dan berwibawa (Wikipedia)

Konstruksi atap Joglo ditopang oleh Soko Guru (tiang utama) yang berjumlah 4 buah. Jumlah ini adalah merupakan simbol adanya pengaruh kekuatan yang berasal dari empat penjuru mata angin, atau biasa disebut konsep Pajupat. Dalam konsep ini, manusia dianggap berada di tengah perpotongan arah mata angin, tempat yang dianggap mengandung getaran magis yang amat tinggi. Tempat ini selanjutnya disebut sebagai Pancer atau Manunggaling Kiblat Papat.

Istilah Guru digunakan untuk menunjukan bagian utama (inti) dari sebuah konstruksi Joglo. Soko Guru menopang sebuah konfigurasi balok yang terdiri dari Blandar dan Pengeret yang disebut sebagai Pamidhangan atau Midhangan.

Sistim persendian antara Umpak dan Soko Guru dapat berfungsi untuk mengurangi getaran pada saat bencana gempa bumi. Sedangkan sistem Purus & Canthokan yang bersifat jepit terbatas menjadikan atap berlaku sebagai bandul yang menstabilkan bangunan saat menerima gaya gempa (berlaku seperti pendulum). Pendopo merupakan bangunan yang bersifat publik sehingga bangunan Joglo hanya merupakan struktur terbuka tanpa adanya dinding pelingkup.

Berikut adalah foto-foto hasil karya rumahjoglo.co.id yang kami produksi di Workshop Kudus dan pemasangan di Kota Jogjakarta:

Oleh Benny Santoro

sumber filosofi:
http://pembuatjoglo.blogspot.com
https://www.arsitag.com/

Token Listrik Gratis Dan Diskon 50 persen

RumahJoglo.Co.ID – Presiden Joko Widodo memberikan penangguhan pembayaran atau menggratiskan biaya untuk pelanggan golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA bersubsidi. Periode token listrik gratis dan diskon tarif listrik dilakukan pada April, Mei, dan Juni 2020. 

Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diberikan sebagai bantuan atas dampak kebijakan pembatasan sosial skala besar yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas. PLN langsung menjalankan langkah taktis untuk melaksanakan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Serta memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. Hal ini dilakukan sebagai tindakan konkrit dan kepedulian PLN dalam upaya untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19. (Kompas.com)

Lalu bagaimana cara dapatkan token listrik gratis dan diskon 50 persen tersebut? 

Token Listrik Gratis Dan Diskonnya Caranya Bagaimana?

Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Mekanisme website dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. (PLN)

Tips Memilih Kayu Gebyok

Tips Memilih Kayu Untuk Gebyok Yang Bagus

Banyak orang yang melupakan peranan penting untuk membuat sebuah Gebyok, apa itu? mari kita bahas bersama. 

Rumahjoglo.co.id – Pada kesempatan #WorkFromHome kali ini kami akan menjelaskan bagaimana membuat Gebyok dengan menampilkan hasil seni yang berkualitas dan berkelas tinggi untuk rumah anda agar lebih sempurna. Bahkan Banyak orang yang melupakan peranan penting untuk membuat sebuah Gebyok, apa itu? mari kita bahas bersama. 

Hal ini diperlukan sekali karena gebyok adalah salah satu jenis aksesories rumah yang mewah dan klasik. Jadi untuk bahan baku harus lebih berkualitas dan berkelas. Berikut adalah 4 Tips memilih kayu untuk gebyok digunakan sebagai rumah dengan model gebyok Jepara.

Tips memilih kayu untuk gebyok

1. jenis kayu

Banyak jenis kayu berkualitas tinggi yang dapat datang ke pasar sebagian besar kayu Merbau, kayu besi dan kayu bayam, yang berasal dari Makassar. Untuk bertahan lama, untuk rumah frame Anda harus menggunakan kayu Merbau. Selain tahan lama, rangka juga sangat kuat dan tahan rayap.

2. Gunakan obat anti rayap

Selain memilih jenis kayu, Anda juga dapat menggunakan obat anti rayap untuk menjaga kualitas kayu tetap utuh. Bila menggunakan obat anti rayap, Anda dapat menyemprot obat di lantai sebelum pondasi rumah dibangun dan ke permukaan bangunan kayu. Selain menggunakan obat anti rayap, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin pada jamme dan mebel kayu lainnya untuk menghindari serangan rayap.

3. Pemilihan tekstur

Tekstur adalah unsur yang paling penting dalam pemilihan kayu untuk frame. Untuk itu, jika Anda memilih kayunya, Anda harus memperhatikan teksturnya. Biasanya, kayu berkualitas memiliki tekstur yang keras dengan warna merah kecoklatan. Meskipun tidak banyak pilihan, tapi jenis tekstur yang baik dan berkualitas. Jadi bagaimana Anda mengenali kayu bertekstur indah? Caranya mudah, jika kayu terkena air, kayu dapat menghilangkan karet merah. Jika bingkai yang Anda pilih memiliki sifat ini, maka pasti bingkai memiliki bertekstur kayu berkualitas baik.

4. Hindari menjadi prihatin pada kayu

Jika Anda saat ini bermaksud untuk membeli sebuah bingkai atau daun , perlu dicatat bahan kayu yang digunakan karena dapat menentukan kualitas frame itu sendiri. Jika bingkai yang Anda pilih memiliki garis putih, maka Anda tidak harus memilihnya, meskipun frame memiliki desain yang sangat bagus. Secara umum, kayu bergaris putih adalah tepi kayu adalah target lunak untuk rayap.

Jika Anda telah membaca di atas 4 Tips, Anda pasti mengerti betapa indah dan kualitas ini properti. Nah, untuk membantu Anda mendapatkan yang baik.

Oleh: BENNY SANTORO

Sumber dan di edit dari: http://www.gebyokjatijepara.com/

Berbagi itu indah

Desain Rumah Kayu Minimalis Mewah dan Cantik

RumahJoglo.Co.Id – Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa hasil karya contoh desain rumah kayu yang telah dan yang sedang dalam proses pekerjaannya.

Pada dasarnya desain rumah semua sama yang membedakan itu salah satunya adalah konsep dan material yang akan kita gunakan untuk membangun rumah tersebut. Ada yang menggunakan material kayu, batuan, kaca dan banyak lagi.

Desain Rumah Kayu

Untuk anda yang suka dengan rumah konsep alamiah dan menggunakan material kayu, kami akan memberikan beberapa contoh desain rumah kayu yang bisa bermanfaat sebagai acuan untuk membangun rumah idaman keluarga.

Mengutip dari wikipedia kami sepakat bahwa kayu adalah bahan bangunan yang paling banyak diminati karna Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya. Penyebab terbentuknya kayu adalah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di batang. Ilmu kayu (wood science) mempelajari berbagai aspek mengenai klasifikasi kayu serta sifat-sifat kimia, fisika, dan mekanika kayu dalam berbagai kondisi penanganan. Beberapa jenis kayu dipilih karena bersifat kedap air, isolator, dan mudah dibentuk.

Contoh Desain Rumah Kayu

Sebagai informasi kami telah banyak membuat desain rumah kayu dan telah banyak juga membangun di berbagai daerah di seluruh indonesia dan luar negeri.

Berikut adalah beberapa pekerjaan-pakerjaan yang telah kami lakukan sejak tahun 2006:

Dan masih banyak lagi yang sudah kami kerjakan. Jadi jika anda punya rencana untuk membangun rumah untuk keluarga idaman, Anda bisa menghubungi kami untuk mengkosultasikan perencanaannya dan pelaksanaanya.

Have a nice day!

Pengukiran Gebyok 12 Meter Dalam Video

Rumah Joglo – Proses pengukiran dalam pembuatan gebyok atau rumah joglo sangat penting untuk diperhatikan. Karna disin terdapat salah satu nilai seni yang paling dicari dan dihayati oleh konsumen kami,

Mengukir dengan bahan kayu atau pengukiran gebyok sudah banyak dilakukan para seniman ukir sejak berpuluh-puluh atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Beberapa orang melakukannya untuk hobi dan kesenangan, ada juga yang karena tuntutan pekerjaan untuk mencari nafkah. Ada banyak cara untuk mengukir kayu, dari cara yang paling sederhana atau mengukir dengan tingkat kesulitan dan butuh penguasaan yang kompleks. Teknik yang digunakan untuk mengukir berbahan kayu bisa dimulai dari pemotongan kayu utuh hingga memahat serta proses finishing. Berikut adalah beberapa teknik dan cara paling mudah dan paling efektif untuk membantu Anda memulai pengukiran gebyok atau kayu untuk rumah joglo

Pemotongan Kayu Utuh

Pemotongan kayu adalah hal yang paling awal untuk membuat pola ukiran. Memotong pada sebuah kayu datar untuk membuat pola ukiran sehingga tampak menjadi tiga dimensi. Proses pemotongan ini biasa dilakukan dengan sebuah gergaji manual atau mesin. Kemudian setelah sudah dapat ukuran yang kita perlukan, lalu memotong kayu secara tepat. 

Menggambar Pola Pengukiran Gebyok

Menggambar ukiran dengan alat gambar seperti biasa. Namun perlu diketahui bahwa kayu merupakan benda padat namun berserat. Kita harus bisa menggambar dengan alat tulis yang cuckup tebal agar tidak mudah mengikis terserap kayu. Selain dengan teknik menggambar langsung, kita juga bisa menggunakan dengan teknik menempel. Teknik ini cukup sering digunakan karena cukup mudah. Kita hanya perlu mengeprint atau memfoto copy gambar, lalu kemudian menempel dengan lem pada bilah kayu yang akan Kita ukir.

Alat Untuk Mengukir Kayu

Alat pahat, palu, dan meteran adalah hal wajib yang Kita punya untuk mengukir kayu. Palu ukir biasanya terbuat dari kayu yang keras, gunanya agar tidak cepat tipis terkena pahat besi. Untuk pahat biasanya terbuat dari besi yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk menjadi benda runcing dan tajam untuk mengeruk dan mengolah kayu. Sedangkan meteran digunakan untuk memberi jarak dan ukuran yang Kita butuhkan jika ada gambar pola atau tempelan pola ukir yang kurang jelas. Jangan sampai Kita tidak bisa memberi ukuran yang pas pada ukiran, karena ini akan berpengaruh pada ukiran yang sudah jadi nantinya.

Tehnik Mengukir Kayu

Teknik mengukir kayu dibedakan menjadi 2 bagian, yang pertama untuk ukiran dua dimensi (benda seni untuk benda pakai, seperti: kursi, meja, dipan,dll) dan tehnik kedua untuk ukiran 3 dimensi (digunakan untuk ukiran seperti relung, yang diukir sambai bawah dan runcing). Tehnik 2 dimensi ini terdiri dari pengolahan kayu dari sebuah papan datar dari kayu dan hanya diberi cekungan atau lekukan yang tidak terlalu dalam. Penciptaan objek ini tidak terlalu sulit, karena Kita hanya perlu meluruskan atau mengikuti pola ukiran yang sudah Kita buat sebelumnya. Sedangkan untuk tehnik 3 dimensi adalah teknik yang cukup sulit dan rumit. Tehnik 3 dimensi pengerjaannya melalui pola yang sembarang dengan motif dari pengrajin ukir itu sendiri. Meskipun sudah digambar dengan pola namun hal itu tidak terlalu berpengaruh karena nantinya akan tetap di berikan sentuhan-sentuhan ukiran sepantasnya. Tetapi tentunya dengan kreasi-kreasi terbaik yang sudah dipunyai seniman ukir.

Sumber : kompasiana.com/utomo_mandala/54f4554d745513a22b6c87ec/teknik-mengukir-kayu